Berhenti Melihat Hp Saat Bangun Tidur


Rata-rata orang membuka Instagram 150 kali setiap harinya. Sosial media mempelajari manusia dan memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan. Mereka memanfaatkan rasa puas, meningkatnya dopamin saat membuka media sosial (apalagi kalau ada yang like dan memberi pujian). Saat ini kebanyakan orang, termasuk saya, saat bangun tidur pasti mencari hp dan mengecek pesan atau media sosial.

Hey! Jangan cuma baca dan belajar saja, tapi hargai penulisnya dengan like, follow, dan kasih pendapat di komen serta bagikan supaya kehidupan bersama lebih baik.

Ada 4 tingkatan gelombang utama pada otak kita : Beta, Delta, Alpha, dan Theta. Beta adalah keadaan dimana kita sadar saat ini. Delta adalah ketika kita sedang tidur. Di antaranya ada Theta dan Alpha yang sangat penting untuk belajar.


THETA

Theta terjadi saat kita sedang tidur atau meditasi. Ini adalah kondisi dimana kita paling kreatif, biasanya berhubungan erat dengan daya ingat, tingkat kesadaran, dan siklus tidur alami tubuh. Pada saat kita sedang tidur dengan sangat lelap, pikiran kita bekerja dan mendatangkan ide-ide. Ini yang dinamakan deep sleep dalam buku Why We Sleep.

Photo by Pixabay on Pexels.com

Salah satu yang membuat kita berada dalam keadaan ini adalah mandi. ketika kita sedang mandi biasanya ide terbaik muncul. Gelombang ini bekerja dengan menjadikan sesuatu yang tidak nyata menjadi nyata.


ALPHA

Di atas Theta ada yang namanya Alpha. Gelombang ini ada tepat di bawah Beta dimana kita sangat sadar dan bangun. Alpha adalah dimana kita belajar. Kita sedang dalam keadaan santai namun sadar seperti saat melamun atau meditasi. Pikiran kritis kita dikesampingkan dan kita menghisap informasi secara tidak sadar.

Contoh yang membuat kita berada dalam gelombang Alpha adalah televisi. Pasti kita pernah mengajak orang lain berbicara ketika orang tersebut tidak mendengar karena dia sedang asyik menonton. Itulah keadaan dimana informasi masuk ke dalam pikiran kita.

Jika kita memanfaatkan gelombang Alpha dengan benar, maka kita bisa melatih diri kita. Kita bisa meningkatkan kreativitas. Kita bisa berpikir lebih kritis dan membuat keputusan yang baik. Kita bisa menyelesaikan masalah. Kita bisa lebih fokus dan berkonsentrasi serta mengingat lebih baik.

Socrates sendiri mengatakan bahwa tidak ada pembelajaran tanpa mengingat.

There is no learning without remembering.

Socrates

Di pagi hari kita berada di gelombang Theta dan Alpha ini dan jika hal pertama yang kita lakukan di pagi hari adalah mengambil hp maka kita sedang menghubungkan pikiran kita dengan 2 hal yang menurunkan produktivitas dan performa.


TERALIHKAN

Pertama, hp melatih kita untuk teralihkan. Setiap like, share, dan comment membuat kita memberi perhatian sepenuhnya sehingga saat kita sedang melakukan percakapan dengan orang lain, kita bahkan tidak bisa fokus karena kita sedang melatih pikiran untuk fokus pada hal yang lain.

Photo by Karina Zhukovskaya on Pexels.com

Itulah sebabnya memberi perhatian sangatlah penting. Lakukan meditasi untuk menenangkan dan memfokuskan pikiran. Pernah tidak mencoba untuk memperhatikan nafas kita selama 5 menit. Saya pernah mencobanya dan bahkan sangat sulit untuk fokus bernafas hanya dalam 1 menit. Akan banyak pikiran atau hal lain yang mencoba mengalihkan pikiran saya seperti salah satunya mengecek hp.

Meditasi adalah latihan untuk pikiran. Itu menaikkan kemampuan kognitif kita (berpikir, menalar, atau mengingat). Inilah kesempatan saat pikiran kita berkelana ke tempat lain, kita bisa menariknya kembali dengan nafas dan visualisasi. Kita sedang melatih otot pada pikiran kita.

Kita harus belajar mengubah kata benda menjadi kata kerja.

Banyak orang berharap semoga hari ini ada tenaga, motivasi, kreativitas, memori, fokus, konsentrasi, atau hal lainnya yang adalah sesuatu yang seandainya dimiliki. Itu semua bukanlah sesuatu yang kita punya tapi sesuatu yang harus dilakukan.

  • Kita tidak punya rasa sayang tapi kita pasti ada menyayangi atau menyukai sesuatu.
  • Kita tidak punya tenaga tapi kita bisa lakukan sesuatu yang memberikan kita tenaga.
  • Kita tidak punya fokus tapi ada proses untuk melakukan fokus.
  • Kita tidak punya ingatan kuat tapi ada cara untuk meningkatkan memori atau mengingat lebih baik.

Kreativitas bukanlah sesuatu yang kita miliki tapi ada proses untuk kreativitas tersebut. Itulah sebabnya kita seharusnya tidak mengalami yang namanya writer’s block. Karena jika kita paham bagaimana tubuh kita bekerja, jika kita mengerti dengan kesadaran kita, maka pelajarilah pikiran kita. Kita bisa mendapatkan kepercayaan diri dan kebanggaan hanya dari pikiran kita, tidak perlu dari luar.

Pengetahuan bukanlah kekuatan. Pengetahuan punya potensi untuk menjadi kekuatan ketika kita menggunakannya. Percuma jika kita membeli buku atau membaca sebanyak mungkin buku atau meembayar untuk mengikuti seminar jika kita tidak pernah melakukan apa yang dipelajari.

Penelitian menunjukkan jika kita mempelajari sesuatu, kita akan melupakan 80%-nya dalam waktu 2 jam.


REAKTIF

Yang kedua adalah itu menghubungkan kita untuk menjadi reaktif. Saat bangun, kita masih berada di gelombang Alpha dimana kita masih rileks. Saat melihat berita buruk di sosial, kita bad mood untuk sisa hari kita karena kita sedang dalam keadaan yang terhipnotis dan kita bahkan tidak menyadarinya.

Kita tidak akan punya hidup berkualiatas dan menjadi versi terbaik jika kita merespon dengan reaktif.


TERMOMETER VS TERMOSTAT

Jadilah termostat daripada termometer. Termometer hanya bereaksi terhadap lingkungan dan itu adalah cara buruk untuk hidup. Kita bereaksi terhadap keadaan. Kita bereaksi terhadap cuaca. Kita bereaksi terhadap klien dan lainnya. Tapi kita mau mempunyai kendali atas kebahagiaan kita. Kita tidak mau menaruh kebahagiaan pada orang lain, sesuatu, suatu tempat, politik , atau apapun itu.

Termostat berfungsi untuk mengatur cuaca di sebuah tempat. Kita akan bertumbuh ketika kita menjadi proaktif. Kita yang memegang kendali untuk meresponi keadaan. Kalau selama ini kita masih mudah teralihkan dan sulit bertumbuh, mungkin kita perlu melihat kembali pagi kita. Apakah kita mengendalikan diri untuk bisa belajar sesuatu saat berada di gelombang Alpha dan Theta?


Saat mau tidur, miliki 1-hour routine dimana kita tidak melihat hp 1 jam sebelum tidur kaerna sinar biru akan menurunkan hormon melatonin yang membantu kita rileks dan tidur.

Sehari sebelumnya tulis 3 hal dan 3 hal personal yang mau dikerjakan besok. Besoknya jangan pegang hp sebelum menyelesaikan salah satunya. Tidak harus selalu bisa setiap pagi tapi setidaknya ada progress.

Kenapa kita tidak mencoba apa yang Jim Kwik praktekkan. Dalam seminggu coba lakukan setiap bangun tidur jangan lihat hp kita selama 1 jam. Jauhkan hp dari jangkauan kita. Saya sudah mempraktekkannya beberapa hari dan rasanya lebih tenang dan malah lebih fokus dalam mengejar tujuan-tujuan saya. Saya jadi tidak mudah teralihkan.

Be more positive, creative, and productive! Be blessed!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s