Cilukba Sanggup Mengubah Dunia


Pernyataan judul itu datang dari seorang anak perempuan berumur 7 tahun bernama Molly Wright saat sedang menjadi pembicara di TED. Molly menjadi orang termuda yang berdiri di panggung TED. Pembahasan dia adalah tentang bagaimana orang dewasa bisa membantu membentuk anak-anak untuk masa depan.

Anak-anak adalah generasi penerus kita. Jika mau mengubah dunia menjadi lebih baik, maka generasi penerus ini memegang peranan penting. Molly mengatakan bahwa dari lahir sampai umur 7 tahun adalah perkembangan anak yang sangat penting dan harus diberi perhatian.

Saat berumur 1 tahun, otak anak berkembang menjadi 2x lipat ukuran saat baru lahir. Ketika memasuki umur 5-7 tahun, ukuran orak akan berkembang menjadi 90% ukuran orang dewasa. Itu berarti tumbuh kembang anak sangat besar di masa-masa ini.

Ada 5 hal yang harus diperhatikan dalam perkembangan ini yaitu:

  • Connecting (hubungan)
  • Talking komunikasi)
  • Playing (bermain)
  • Healthy home (rumah tangga yang sehat)
  • Community (komunitas)

Setiap kita bermain bersama anak-anak dan membuat mereka merasa disayang, itu bukan hanya membangun hubungan tapi juga membangun kesehatan mental mereka.

Permainan seperti meniru-niru perilaku anak membangun imajinasi dan empati. Memberitahu nama ‘papi’ atau ‘mami’ atau nama anak membangun kosa kata dan perhatian. Kemudian cilukba membangun memori dan rasa percaya.

Dari hal-hal kecil tersebut, kita sebenarnya sedang mengembangkan life skill anak yang sangat penting dan dibutuhkan saat dewasa. Kemampuan tersebut termasuk berteman, mengikuti tes, bekerja, dan bahkan sampai ke membangun keluarga.

Photo by Pixabay on Pexels.com

Melihat pengalaman saya ketika bersama 2 ponakan yang besar bersama saya (baru lahir sampai 5 tahun masih bersama-sama dengan saya), saya selalu bermain bersama mereka dan menjalin hubungan. Kita selalu bermain buaya-buayaan dimana saya menajdi buaya di bawah kasur dan berusaha memangsa mereka yang lari-larian di kasur (capek banget? Menurut nganaaa?!). Kemudian bermain ta patung, berpura-pura tidur dan bangun sebagai monster siap menggelitik, Samson Delilah, dan masih banyak lagi.

Ternyata mereka masih ingat itu sampai sekarang. Mungkin kesannya seperti bakal banyak hal yang tidak akan diingat setelah mereka dewasa. Walaupun begitu mereka tidak akan melupakan ikatan yang terjalin ketika mereka di umur 0 – 7 tahun. Mereka bisa mempercayai kita. Mereka tahu kita orang-orang yang menyenangkan.

Saya juga mengajar mereka untuk memanggil nama setiap melihat saya dan itu dilakukan sampai sekarang. Apa yang kita tanam sejak dini ini justru akan membangun karakter dan kemampuan hidup mereka yang akan dipakai di kemudian hari dan mengubah dunia ini menajdi lebih baik.

Jadi mulailah menjalin hubungan. Berbicaralah dengan mereka. Jangan hanya memberikan iPad atau TV supaya kita bisa sibuk dengan pekerjaan atau hp kita. Komunikasilah dengan mereka. Jalin ikatan sejak dini. Jangan sampai menyesal di kemudian hari kalau mereka tidak merasakan cinta di dalam rumah karena kita tidak melakukan connecting, talking, dan playing.

Terakhir Molly memberikan pernyataan bahwa ‘cilukba’ benar-benar dapat mengubah dunia.

Be more positive, creative, and productive! Be blessed!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s