Mengenali 6 Tipe Kecerdasan


Setiap orang itu terampil dalam hal yang berbeda. Mereka memiliki kecerdasan masing-masing. Makanya ada orang yang lebih atletis dan ada yang lebih pintar dengan angka. Ada yang pandai mengkoordinasi, ada juga yang memiliki imajinasi tinggi.

Oleh karena itu sangatlah penting buat kita untuk bisa mengenali tipe-tipe kecerdasan ini. Dengan mengetahui kelebihan kita, maka kita bisa memfokuskan diri kepada hal tersebut dan menguasainya. Ada yang bilang lebih baik menguasai 1 hal daripada berusaha mempelajari semua hal namun tidak sepenuhnya menguasainya (setuju ga?).

Photo by Pixabay on Pexels.com

Sebagai seorang pemimpin pun, kita perlu mengetahui kecerdasan setiap pengikut kita. Menaruh mereka dalam posisi yang salah bisa jadi membawa dampak buruk terhadap organisasi yang kita pimpin.

Pada umumnya, ada 6 tipe kecerdasan.


1. LINGUISTIK

Tipe ini pandai bermain kata (mungkin bisa dikatakan gombal? Ups!). Mereka peka terhadap arti kata, urutan kata, suara, ritme, atau apapun itu yang berhubungan dengan pengucapan dan gramatikal baik lisan maupun tertulis. Yang termasuk dalam kategori ini adalah mereka yang pandai menulis cerita, membaca, dan juga menghafal.

Pekerjaan yang cocok untuk tipe linguistik ini adalah pujangga (penyair), novelis, editor, wartawan, pengacara, atau mungkin pengajar.


2. VISUAL / SPASIAL

Tipe dengan kecerdasan ini memiliki imajinasi tinggi. Mereka mampu berpikir secara abstrak dan dalam berbagai dimensi. Mereka pandai dalam hal-hal visual. Mereka mampu menangkap warna, arah, dan ruang secara akurat dan mengubahnya ke dalam bentuk lain (lukisan, dekorasi, foto, arsitektur, dan patung). Orang-orang seperti ini sangat diperlukan dalam bidang arsitektur, desain grafis dan interior, penerbangan, maupun fotografi.

Photo by Rene Asmussen on Pexels.com

Pilihan pekerjaan yang cocok untuk tipe visual / spasial adalah pilot, fotografer, videografer, perancang busana, arsitek, insinyur, ahli bedah, dan seniman.


3. MUSIKAL

Orang dengan kecerdasan ini sensitif terhadap nada, melodi, ritme, pitch, dan timbre. Mereka mampu menangkap bunyi-bunyian, membedakan, mengubah, dan mengekspresikan diri melalui suara yang bernada dan berirama. Tentunya mereka pandai bernyanyi dan biasanya juga pandai memainkan alat musik.

Tentunya tipe ini sangat cocok menjadi penyanyi, DJ, guru musik, penulis lagu, pemain musik, komposer, dan dirigen.


4. KINESTETIK

Tipe ini memiliki kecakapan fisik dan atletik. Mereka kuat berlari dan pintar mengoper bola. Mereka bisa menari dengan sempurna walaupun terlihat sangat rumit. Tipe kecerdasan ini mampu menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan. Mereka juga terampil menggunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah sesuatu.

Pekerjaan yang cocok untuk tipe kinestetik adalah atlet, terapis fisik, penari, mekanik, dan aktor.


5. LOGIS / MATEMATIS

Tipe kecerdasan ini mampu mengolah angka dan mahir menggunakan logika. Mereka memiliki kemampuan berpikir secara konseptual dan mampu membedah pola numerik dan logika. Albert Einstein dan Bill Gates ahli dalam hal ini.

Pilihan pekerjaan yang cocok untuk tipe kecerdasan logis-matematika adalah programmer, ahli matematika, akuntan, ilmuwan, insinyur, dan ekonom.


6. NATURALIS

Tipe kecerdasan ini menyukai alam. Mereka memahami nuansa alam termasuk klarifikasi flora dan fauna serta elemen alam dan kehidupan lainnya. Charles Darwin dan Jane Goodall masuk di dalam tipe ini.

Photo by Anthony Shkraba on Pexels.com

Pilihan pekerjaan yang cocok adalah ahli geoligi, petani, ahli biologi, ahli botani, dan florist.


Seekor ikan yang dipaksa memanjat tidak akan membawakan hasil. Begitu juga dengan seekor kera yang dipaksa berenang. Kenali tipe kecerdasan kita maka kita akan mencapai potensi maksimal diri kita.

Be more positive, creative, and productive! Be blessed!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s