Bagaimana Membersihkan Pikiran


Tahu ga sih kalau pikiran kita itu juga butuh dibersihkan? Bukan hanya sampah saja loh. Sampah yang tidak dibersihkan akan bau dan membuat tidak sehat. Begitu pula dengan pikiran. Jika kita membiarkan apa yang masuk ke dalam pikiran kita itu tidak baik, maka pikiran kita akan menjadi kotor dan itu tidak akan menyehatkan.

Photo by Anete Lusina on Pexels.com

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga pikiran agar tetap bersih.


1. PILIH-PILIH LINGKUP SOSIAL

Siapa yang berada di sekitar kita? Apakah mereka membangun atau menjatuhkan? Kita perlu memilih-milih lingkup sosial kita. Bergaulah dengan perokok, maka kita akan menjadi perokok. Bergaulah dengan para pemimpi besar, maka kita akan memiliki mimpi besar. Teman-teman kita menentukan masa depan kita. Kita tidak perlu memiliki ribuan teman, cukup hanya dengan lingkungan pertemanan yang kecil namun positif.

Carilah orang-orang yang memang bersemangat dalam hidup dan mau terus bertumbuh menjadi lebih baik. Perhatikan juga orang-orang di media sosial kita. Apakah mereka sering mem-post hal-hal yang negatif. Mulailah untuk unfollow jika yang mereka lakukan hanya akan membuat pikiran kita terganggu.


2. JAGA KESEHATAN

Tubuh yang sehat akan membuat pikiran juga sehat. Berolahragalah dengan rutin minimal setengah jam 1 hari. Perhatikan apa yang kita makan dan minum. Jangan hanya mengikuti emosi untuk makan apa saja yang kita mau.


3. HIDUP UNTUK SAAT INI

Banyak orang menyesali masa lalu mereka. Seandainya… seandainya… seandainya…. Masa lalu sudah berlalu. Kita bisa belajar dari masa lalu dan jika baik bisa kita kembangkan. Jika tidak baik ya jangan dilakukan lagi, ambil hikmahnya. Terus berkutat dengan masa lalu hanya membuat kita tidak menikmati saat ini.

Begitu juga dengan mengkhawatirkan masa depan. Kita boleh bermimpi atau merencanakan masa depan, tapi sampai tidaknya kita kepada mimpi dan tujuan tersebut bergantung pada tindakan kita hari ini. Apakah kita hidup untuk saat ini? Apakah kita melakukan hal-hal yang mendekatkan kita pada mimpi dan tujuan tersebut?


4. JALAN-JALAN

Rutinitas biasanya akan membuat bosan dan penat. Nikmatilah pemandangan. Pergilah ke alam. Tuhan menciptakan alam untuk kebaikan kita. Semua pasti setuju saat terhubung dengan alam pasti akan sangat menenangkan dan menyegarkan pikiran (asal jangan sibuk buat konten ya haha).

Dengan jalan-jalan, kita akan melupakan kepenatan dan kekhawatiran. Liburan adalah sesuatu yang kita bayar yang dapat membuat kita menjadi lebih kaya.


To attract better, we have to get better.

Untuk menjadi lebih baik, kita perlu menjaga agar pikiran tetap bersih. Menjauhlah dari hal-hal yang negatif. Jaga kesehatan, hiduplah untuk saat ini, dan traktir diri dengan jalan-jalan.

Be more positive, creative, and productive! Be blessed!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s