Berhenti Lakukan Ini


Dalam hidup ini memang ada yang harus kita lakukan. Tapi kita juga harus tahu apa yang seharusnya tidak lakukan. Mungkin selama ini kita melakukannya, tapi kita sadar bahwa itu bukanlah yang semestinya dilakukan. Kita harus tahu apa yang harus kita berhenti kerjakan jika memang mau hidup kita menjadi lebih baik.

Photo by Mikael Blomkvist on Pexels.com

Apa saja yang harus kita berhenti lakukan?


1. BERHENTI FOKUS PADA HAL YANG TIDAK BISA KITA LAKUKAN

Daripada fokus sama yang tidak bisa kita lakukan, fokuslah kepada hal yang bisa kita lakukan. Pasti ada yang bisa kita lakukan. Lebih baik menjadi ahli dalam hal yang bisa kita lakukan daripada berusaha untuk menguasai banyak hal tapi tidak bisa secara maksimal.

Temukan potensi dan passion kita. Fokus kembangkan itu. Belajar dan latih diri menjadi lebih baik setiap harinya. Sharpen the saw.


2. BERHENTI MENYALAHKAN ORANG LAIN

Berhenti menyalahkan orang lain atau masalah yang padahal kita sendiri bisa selesaikan. Banyak orang melempar kesalahan kepada orang lain. Mereka menyalahkan orang tua, pasangan, teman-teman, dan lainnya. Setiap kita memiliki respon yang bisa diberi terhadap segala situasi. Kitalah yang memegang peran penuh atas respon tersebut.

Apakah kita membiarkan orang lain membuat kita down atau kita malah menggunakan itu sebagai batu loncatan yang memotivasi kita untuk menunjukkan diri bahwa kita tidak seperti itu? Respon yang benar akan membawa dampak besar yang baik dalam hidup.


3. BERHENTI MEMPRIORITASKAN ORANG YANG TIDAK MENJADIKAN KITA PRIORITAS

Ini benar-benar menguras waktu kita. Kita berusaha memberikan yang terbaik kepada orang-orang ini tapi mereka hanya mau menerima dan menerima. Di saat kita membutuhkan, mereka tidak pernah ada. Mereka hanya mau dilayani, tidak mau dilayani.


4. BERHENTI LAKUKAN HAL YANG TIDAK KITA SUKA

Hidup ini terlalu singkat untuk melakukan hal yang tidak kita sukai. Kita sering mendengar ini. Salah satu penyesalan dari orang-orang tua adalah mereka tidak lebih banyak melakukan sesuatu yang mereka sukai. Jadi temukan hal yang kita sukai dan fokuslah kepada hal tersebut. Sekali-kali luangkan waktu untuk liburan jika memang itu yang kita sukai.


5. BERHENTI MENYENANGKAN SEMUA ORANG

People pleaser adalah racun yang paling sering menempeli kita seperti cairan venom menggelikan itu. Orang-orang yang selalu berusaha menyenangkan orang lain akan menjadi sangat tertekan karena mereka hidup atas pendapat orang-orang. Mereka takut dihakimi.

Yang lebih parah lagi orang-orang yang berusaha mereka senangkan adalah keluarga mereka sendiri, kebanyakan adalah orang tua. Orang tua menuntut kita untuk menjadi seperti ini, melakukan hal ini dan itu. Jika memang bukan itu yang kita inginkan, berhenti lakukan itu dan komunikasikan kepada meraka.


6. BERHENTI MENANTIKAN SAAT YANG TEPAT

Tidak akan pernah ada waktu yang tepat dan sempurna. Yang ada hanyalah sekarang. Apakah kita akan mengerjakannya sekarang atau terus menunda-nunda? Berhenti bersikap perfeksionis dan mulailah.


Dengan mengenali apa saja yang tidak harus kita lakukan, hidup akan semakin lebih simple dan tidak terlalu banyak beban. Kita hanya hidup sekali, oleh karena itu hiduplah dengan tujuan dan impian kita sendiri.

Be more positive, creative, and productive! Be blessed!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s