Mendapatkan Motivasi


Motivasi adalah hal yang sangat diperlukan untuk kita bisa berproduktivitas. Untuk mencapai tujuan, kita harus memiliki motivasi yang kuat. Seseorang tanpa motivasi tidak akan bertahan lama.

Photo by Alexas Fotos on Pexels.com

Bagaimana kita bisa mendapatkan motivasi dan belajar dengan cepat sehingga kita memiliki kemampuan untuk fokus mengerjakan tujuan kita?


1. KENALI ‘KENAPA’

Mulailah pagi kita dengan menuliskan apa yang sebenarnya kita inginkan pada sebuah kertas kosong. Dengan terus menanyakan pertanyaan yang sama, jawaban kita akan semakin jelas. Kita akan semakin mengenali ‘kenapa’ kita. Setelah kita mengetahui apa yang diinginkan, ubahlah itu menjadi langkah-langkah aksi.


2. AMBIL RESIKO

Saat memulai langkah kita, jangan takut mengambil resiko. Saya, sebagai orang yang perfeksionis, suka terlalu banyak berpikir dan takut mengambil resiko. Zona nyaman adalah musuh besar dari mengambil resiko. John Shedd

A ship is safe in a harbor, but that is not what ships are built for.

JOHN SHEDD

​Sebuah kapal akan tetap aman di pelabuhan, tapi bukan itulah tujuan kapal dibangun. Kita, sebagai manusia, diciptakan untuk terus bergerak. Tidak seharusnya kita tetap tinggal diam.

Motivasi seringkali datang setelah memulai, bukan sebelum.

Tindakan kita menciptakan momentum. Ketika mengawali pembuatan konten, saya tidak memiliki terlalu banyak motivasi. Namun ketika konten saya mendatangkan hasil dan dihargai, momentum itu datang dan saya semakin termotivasi untuk membuat konten dan mempelajari hal-hal yang baru sehingga berkembang menjadi seperti sekarang.


3. BELAJAR

Di jaman sekarang, hampir semua yang dibutuhkan dalam kehidupan bisa dipelajari dengan cepat. Kita tidak perlu bertemu dengan orang-orang hebat untuk belajar dari mereka. Kita hanya cukup duduk sambil membuka YouTube atau mendengarkan Podcast. Kita bisa membaca buku. Kita bisa membaca Blog (seperti Blog ini) dan masih banyak cara lain lagi (tanyakan ke Gen Z kalau masih bingung).

Masalahnya kebanyakan orang belajar dengan pasif. Mereka menunggu pengetahuan itu datang pada mereka. Kita bisa mempercepatnya dengan secara aktif meneliti ide-ide yang berguna. Salah satu strateginya adalah dengan menanyakan orang-orang yang sudah berhasil terlebih dahulu di bidang yang kita inginkan. Praktekkan apa yang mereka lakukan. Gunakan itu sebagai dasar kita.


4. UBAH ‘HARUS’ MENJADI ‘BISA’

Kita suka menghabiskan banyak waktu membicarakan segala sesuatu yang HARUS kita kerjakan. Kita HARUS mengerjakan 10 tugas di tempat kerja. Kita HARUS latihan hari ini. Kita HARUS memasak makan malam untuk keluarga. Silakan sebutkan HARUS lainnya.

Sekarang coba ganti HARUS itu menjadi BISA. Kita tidak HARUS, tapi kita BISA.

Kita BISA mengerjakan 10 tugas di tempat kerja. Kita BISA latihan hari ini. Kita BISA memasak makan malam untuk keluarga.

Perpektif yang benar akan mengubah tekanan menjadi kesempatan.


​Motivasi akan menggerakkan kita selangkah lebih dekat kepada keberhasilan. Kuatkan ‘Kenapa’ kita, berani ambil resiko, terus belajar dan bertumbuh, dan anggap itu sebagai kesempatan.

Be more positive, creative, and productive! Be blessed!

4 Thoughts

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s