6 Alasan Yang Membuat Tidak Bertumbuh


Apakah kita termasuk salah satu dari orang yang tidak bertumbuh. Kehidupan kita stagnan dan tidak ada keberhasilan yang kita gapai. Impian kita terasa sangat jauh. Kita perlu mengenali penyebabnya untuk bisa mendapatkan solusinya.

Ada 6 alasan yang sering kita katakan sehingga menahan kita untuk bisa keluar dari zona nyaman dan mengambil resiko untuk menjadi berhasil.


1. SAYA TIDAK TAHU APA YANG HARUS DIKERJAKAN

Alasan ini seperti sebuah kebingungan. Kita tidak tahu harus memulai darimana. Kita punya impian tapi rasanya sulit sekali menggapainya. Seorang perfeksionis biasa mengalami hal ini. Dia mau segala sesuatu terlihat sempurna dulu baru memulai. Nyatanya kesempurnaan itu tidak akan datang.

Mulailah terlebih dahulu dan seiring perjalanan, belajarlah dari kesalahan.


2. SAYA TIDAK BISA

Saat beralasan ini, kita tidak akan mau belajar sesuatu yang baru. Ketakutan ini membuat kita berada di dalam lingkup pekerjaan yang sama dimana kita melakukan tugas yang itu itu saja. Kita tidak akan mempelajari keahlian yang baru. Kita tidak mau mengikuti kursus-kursus yang menjadikan kita lebih maju. Kita tidak akan melakukan apa-apa.

Jika ini terjadi pada kita, coba pikirkan kembali hal baru yang pernah kita lakukan dan kita berhasil melakukannya. Pasti ada yang terlintas di benak kita. Pikirkan kembali saat kita berani keluar dari zona nyaman dan di saat diri kita sendiri berkata tidak bisa, ternyata kita bisa melakukannya.

Jika kita bisa melakukannya kemarin, kita juga bisa melakukannya sekarang atau nanti.


3. SAYA TAKUT GAGAL DAN TERLIHAT BODOH

Cara berpikir ini berarti kita takut kita akan membuat kesalahan dan tidak bertumbuh. Kita takut apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Kita harus mengubah cara berpikir ini. Berpikirlah bahwa kita bisa bertumbuh walaupun kita membuat kesalahan. Kita bisa berubah dan menjadi lebih baik di saat kita gagal sekalipun.

Kita akan membuat kesalahan dan kita akan belajari darinya.


4. SAYA TERLALU LELAH, TIDAK ADA TENAGA.

Suara ini adalah sebuah kebohongan. Kita masih bisa melakukannya. Berapa kali ketika saya mengangkat beban dan saya mendengar suara bahwa saya tidak bisa mengangkatnya lagi. tapi ketika saya mengatakan “satu kali lagi”, ternyata saya masih bisa mengangkatnya.

Kuncinya adalah lakukan sekali lagi.

Dengan melakukan sekali lagi, kita sedang membuktikan bahwa kita masih punya tenaga dan bisa mengerjakan apa yang seharusnya dikerjakan.


5. SAYA TIDAK PEDULI DENGAN APAPUN

Pemikiran ini membuat kita tidak memiliki passion. Kita tidak suka dengan apapun. kita tidak tahu apa yang bisa kita lakukan. Ini tidak benar. Kita semua peduli dengan sesuatu. Coba cari tahu apa yang membuat kita bersemangat. Kerjakan itu dan latih diri di bidang itu.

Kita bisa menjadikan sesuatu yang kita sukai sebagai bahan bakar untuk mengerjakan hal yang seharusnya kita lakukan. Contohnya kita mau memiliki tubuh yang ideal dan kita suka menonton Netflix. Berolahragalah selama 1 jam setiap hari. Di ujung hari, hadiahi diri kita dengan menonton Netflix selama 2 jam.


6. SAYA SUDAH TERLALU TUA UNTU MEMULAI, SUDAH TERLAMBAT

Biasanya suara ini datang ketika kita melewatkan kesempatan yang bagus. Jangan dengarkan suara ini.

Waktu terbaik untuk menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu. Waktu terbaik kedua adalah sekarang.

Kita masih punya banyak waktu. banyak orang yang masih memiliki pencapaian di masa tuanya. Jadi tunggu apa lagi?


Itu dia 6 alasan yang menahan pertumbuhan kita. Dengan mengenalinya, kita pun tahu bagaimana meresponinya. Pertumbuhan adalah bagian dari manusia. Jika kita tidak bertumbuh, kita akan stagnan dan mati. Jadi mulailah dari sekarang dan hiraukan suara-suara yang tidak akan menjadikan kita lebih positif, kreatif, dan produktif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s