Menjadi Lebih Produktif


Untuk menciptakan kehidupan yang kita inginkan, tentunya kita harus menjadi produktif. Semakin hari kita harus bisa meningkatkan produktivitas kita, kita harus mengambil tindakan yang membawa kita kepada tujuan tersebut.

Photo by RF._.studio on Pexels.com

Bagaimana caranya supaya kita bisa menjadi lebih produktif?


1. TETAP BERGERAK

Manusia diciptakan sedemikian rupa untuk terus bergerak. Kita tidak boleh hanya tidur-tiduran atau bersantai-santai di sofa. Lihat saja kelakuan anak kecil yang aktif dan terus bergerak.

Mobil yg didorong akan lebih mudah bergerak karena ada momentumnya. Action create action. Tindakan menciptakan tindakan.

Sebuah kapal tidak akan mencapai tujuannya jika tidak berlayar.

Buatlah keadaan sekitar yang membuat kita mengambil tindakan.

Bersantai di sofa atay kasur sambil melihat media sosial tidak akan membuat kita bergerak. Nonton Netflix tidak akan membuat kita belajar atau mengikuti seminar. Apa yang menghakangi kita untuk menjadi produktif, buanglah semua itu.

Jauhkan TV atau gadget saat kita bekerja. Membacalah tanpa ada gangguan. Kita bisa membuat suasana ruangan dimana kita berproduktivitas menjadi efektif.

Buatlah tubuh kita bergerak. Paksa tubuh kita bergerak. Saat bergerak, otak kita dipaksa bergerak sehingga pada akhirnya kita malah terus bergerak dan tidak menolak.

Salah satu trik yang saya gunakan ketika malas bergerak adalah dengan memulainya selama 2 menit. Contohnya saat malas berolahraga. Ketika saya memaksakan diri saya untuk mulai berolahraga selama 2 menit, maka tubuh saya akan dipaksa untuk terus berolahraga sehingga akhirnya saya bisa melakukannys selama 1 jam.


2. BELAJAR KAPANPUN KITA BISA

Selai bergerak, kita perlu bertumbuh. Kita perlu menambah oengetahuan. Kita perlu melihat dari berbagai macam perspektif. Ini dapat terjadi ketika kita belajar sebanyak yang kita bisa. Saat berjalan, mengemudi, menunggu, kita dapat belajar dan dengan pekajaran itu, kita akan menjadi lebih produktif.

Seringkali ketika saya mempelajari sesuatu yang menginspirasi, itu memacu diri saya untuk mulai mengerjakan hal tersebut atau sesuatu.

Ada banyak cara untuk belajar lebih banyak. Buku, Podcast, atau YouTube bisa menjadi salah satu dari pilihannya.


3. 1 TUGAS DAHULU

Jangan langsung kerjakan banyak hal. Lakukan 1 tugas terpenting dahulu. Saat mengerjakannya, gunakan teknik Podomoro dimana kita bekerja 25 menit tanpa gangguan diikuti dengan 5 menit istirahat.

Dengan fokus mengerjakan 1 tugas terlebih dahulu, setidaknya tugas terberat yang menjadi prioritas kita bisa selesai terlebih dahulu sehingga kita bisa merasakan kemenangan di akhir hari.


4. RENCANAKAN TENAGA SEPANJANG HARI

Cari tahu kapan waktu terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan.

Setiap orang bisa berbeda. Ada yang paling produktif dan kreatif di pagi hari. Ada juga yang di malam hari. Kebanyakan orang paling produktif ketika 1 sampai 2 jam setelah bangun tidur.


5. PUNYA WAKTU SELESAI

Orang-orang bekerja lebih baik ketika ada deadline.

Anggap saja kita memberikan deadline sebelum jam 6 malam, malah kita akan fokus menyelesaikan pekerjaan kita sebelum jam kerja tersebut berakhir. Jika tidak ada deadline tentuya akan lebih santai.


6. PERSIAPKAN DI MALAM SEBELUMNYA

Persiapakan apa saja yang dibutuhkan untuk besok setidaknya 15 menit sblm tidur. Apa saja yang akan kita kerjakan besok? Apa yang harus diprioritaskan? Mungkin kita perlu memasukkan baju olahraga dan baju ganti ke dalam tas gym. Mungkin saya harus mempersiapkan peralatan kamera dan lainnya untuk syuting besok.

Dengan mempersiapkan di malam sebelumnya, kita mengurangi pengambilan keputusan dan pengurasan energi di keesokan harinya sehingga tenaga dan pikiran bisa kita salurkan ke hal yang lebih produktif.

Visualisasikan hari esok kita. Bayangkan bagaimana besok akan menjadi seperti yang kita inginkan. Ambil setidaknya 5 menit untuk membayangkan hari kita akan berjalan dengan sempurna.


Be more positive, creative, and productive!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s