Berhenti Menjadi Malas


Bagaimana seseorang tahu kalau dia ini sedang malas? Kita bisa melihatnya dengan tidak ada motivasi dalam hidup kita. Kita punya impian atau tujuan tapi tidak kunjung bergerak ke sana. Banyak penundaan yang dilakukan. Banyak pikiran yang menahan kita.

Kemalasan tidak akan membawa kita kemana-mana, malahan hanya mendatangkan penyesalan. Kenapa kita tidak melakukannya sekarang? Kita terus menunda-nunda hingga kita hanya bisa mengeluh tidak punya waktu atau tenaga lagi.

Photo by Elvira Gibadullina on Pexels.com

Kabar baiknya, kemalasan bisa diatasi. Kita bisa melatih diri menjadi rajin. Berikut adalah 5 hal yang diperlukab untuk menghadapi kemasalan.


1. VISI

Kita harus punya tujuan yang jelas dan sepesifik. Jika mau menjadi kaya, berapa banyak kekayaan yang kita mau. Rumah seperti apa yang diidamkan? Pekerjaan seperti apa yang mau kita lakukan?

Tujuan yang jelas akan menggerakkan kita. Kita tahu kemana kita bergerak. Setelah memiliki tujuan yang jelas, buatlah jdwal.


2. JADWAL

Miliki tujuan yang jelas selama 10 tahun ke depan. Pecah ke 5 tahun, 1 tahun, dan sebulan. Kejarlah tujuan itu. Buatlah jadwal mingguan untuk setiap tugas yang akan membawa kita kepada tujuan tersebut.

Jika kita mau menjadi seorang yang ahli di bidangnya. Latih diri kita. Bentuk kebiasaan. Membacalah, ikuti seminar, apapun itu masukkan ke jadwal mingguan dan harian kita.

Memang ada masanya kita tidak akan mengikuti jadwal yang ada. Jangan berkecil hati. Saya sendiri sering mengalaminya. Namun jadwal ini aka membantu memperjelas apa yang harus kita lakukan dan apa yang tidak seharusnya kita lakukan.


3. FOKUS

Berikan perhatian sepenuhnya saat mengerjakan tugas. Jangan biarkan pengganggu menghentikan kita. Jangan sampai fokus kita teralihkan. Matikan semua notifikasi. Di dunia yang penuh dengan bunyi beep dari notifikasi, email, dan gangguan lainnya; kita perlu belajar melakukan deep work dimana kita bekerja fokus selama beberapa saat tanpa ada gangguan.

Latih fokus kita dengan meditasi dan membaca. Jangan langsung melihat hp saat bangun. Perhatikan apa yang kita tonton di media sosial. Terlalu banyak informasi hanya dalam beberapa scroll jari di media sosial terbukti membuat kita menjadi mudah teralihkan sehingga sulit mempertahankan fokus.


4. AKSI

Pernah mendengar jurus 2 menit? Saat tidak mau mengerjakan sesuatu, paksa diri untuk mengerjakan selama 2 menit. Biasanya kita akan terjebak mengerjakan itu untuk seterusnya. Itu adalah jurus yang baik untuk melawan kemalasan.

Ketika saya malas berolahraga, saya memaksa diri untuk pergi ke gym dan mengangkat beban sebentar saja. Pada akhirnya saya berhasil berolahraga selama 2 jam.

Aksi akan mendatangkan hasil. Semalin banyak hasil yang dibuat, kita menjadi semakin percaya diri dan semakin termotivasi untuk terus beraksi. Jadi mulailah dari sekarang.


5. RUTINITAS

Yang terakhir adalah buatlah rutinitas yang akan menjadi autopilot. Setiap bangun tidur, meditasi-olahraga-membaca. Jika ini menjadi sebuah rutinitas maka melihat hp saat bangun tidur tidak akan menjadi kebiasaan kita lagi.

Menulislah selama 1 jam setiap hari. Membaca 10 halaman dalam 1 hari di jam yang sama. Berolahraga minimal setengah jam sehari. Kebiasaan yang produktif akan menekan kemalasan kita.


Be more positive, creative, and productive!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s