Introvert, Bagaimana Mengekspresikan Diri Lebih Baik


Seorang introvert sering kali merasa lelah ketika bertemu dengan orang banyak. Mereka juga lebih senang untuk menyimpan ide pikiran untuk diri sendiri. Pada akhirnya para introvert ini menjadi lebih sulit untuk bisa mengekspresikan diri mereka. 

Photo by Luis Dalvan on Pexels.com

Namun jangan khawatir, sulit bukan berarti tidak bisa. Lantas bagaimana caranya seorang introvert bisa mengekspresikan diri?

Introvert Symptom

  • Suka bikin boundaries
  • Save ideas on their own mind
  • Spend time with ourselves
  • Love to observe thing
  • Slow in communication

Anuj Kale adalah seorang seniman yang memiliki kepribadian introvert sejak kecil. Ia menceritakan bagaimana ia mengalami kesulitan dalam menyampaikan pesan pada orang sekitarnya karena kepribadiannya tersebut. Ia pun mencari cara untuk dapat mengatasi kekurangannya tersebut.

Hingga suatu saat, Anuj Kale pernah diminta untuk mengikuti acara workshop di Perancis, dimana dia harus memamerkan ide nya kepada audience. Namun sayangnya, Kale merasa tidak pede untuk presentasi di depan orang yang banyak. Akhirnya dia tidak melakukan presentasi dan hanya mulai menggambar di pojokkan hingga akhirnya banyak audience yang notice dengan karyanya tersebut dan membuat dia menjadi orang yang terkenal dalam satu malam.



Selain itu, sebagai introvert, Kale juga beberapa kali merasa kesulitan dalam menyampaikan perasaan yang dialaminya. Dia pernah menghadapi klien yang menyebalkan, namun ia tidak bisa berkata apa-apa. Hingga akhirnya dia membuat komik mengenai kejadian tersebut untuk menyalurkan kekesalannya. Ternyata hasilnya banyak orang yang sangat relate dengan keadaan Kale dan mendapat pesan dari apa yang ingin disampaikan melalui komik yang dibuat. 

There will be a lot of ways for expression, just find a way that you feel comfortable and expressive. There’s no introvert that is good at public speaking, because introverts have their own way of expressing.

Anuj Kale

Intinya seorang introvert dapat menyampaikan pesan melalui berbagai karya mereka. Jadi bagi kalian para introverts, jangan berkecil hati dan carilah karya yang kalian merasa untuk menyampaikan pesan sehingga dapat lebih positif, produktif dan kreatif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s