4 Pilar Yang harus Diketahui Seorang Content Creator


Jaman sekarang, sudah tidak bisa dipungkiri bahwa pembuatan konten mmemegang peranan penting dalam pemasaran produk dan jasa. Semua berlomba-lomba menjadi pembuat konten. Menurut Sean Cannell, jika kamu ingin serius menjadi seorang pembuat konten, kamu harus mengetahui 4 hal ini agar bisa berhasil di bidang ini.

Photo by Andrew Neel on Pexels.com

Apa saja itu? Selamat datang di Creator’s Mind.


1. PLATFORM

Kenali pratform apa yang mau kita gunakan. Sebagai pembuat konten, tentunya kita membutuhkan wadah untuk menaruh konten kita agar bisa dilihat orang. Setiap platform memiliki keunikannya masing-masing. 3 platform yang mendunia saat ini adalah YouTube., TikTok, dan Instagram. Mungkin kita bisa memulai dari ketiga itu.

Tapi jangan hanya sampai mengetahui platform apa yang kita gunakan. Kita juga harus menguasai platform yang digunakan. Pelajari perkembangan dari platform tersebut. Contohnya apakah hashtag masih relevan?


2. POSITIONING

Bagaimana kita memposisikan diri sebagai pembuat konten? Kita mau dikenali sebagai apa? Apa yang membuat kita berbeda dari yang lain?

Banyak posisi yang bisa kita isi seperti reviewer makanan, properti, teknologi, atau mungkin seperti saya sebagai seorang mobile videografer dan fotografer.

Setelah mengetahui posisi kita, lakukan hal-hal yang dengan sengaja supaya kita lebih menonjol. Terus berkarya, buat konten yang baik dan mengedukasi “kalau bisa”. Tetap miliki mindset yang mau belajar.

Jangan menganggap yang lain sebagai kompetisi tapi anggaplah sebagai kolaborasi. Daripada memikirkan bagaimana bisa lebih baik dari mereka, pikirkan bagaimana kita bisa menjadi berbeda dari orang-orang yang luar biasa ini.


3. PROMOTION

Di sini kita harus mengetahui bagaimana meningkatkan konten sehingga mendapatkan lebih banyak reach, engagement, dan dampak.

Kita harus tahu konten seperti apa yang mendapatkan lebih banyak view atau algoritma platform yang digunakan seperti apa untuk bisa mengembangkan konten kita.

Promotion ini boleh menggunakan paid promotion seperti ads atau mau dengan organik. Secara organik, kita bisa melakukannya dengan kolaborasi, mengikuti trend, menggunakan musik yang sedang trend, atau cara lainnya yang bekerja pada konten dan platform kita.

Ada banyak cara jadi temukan cara yang paling bekerja buat kita dan tentunya harus sesuai dengan gaya kita dalam membuat konten entah itu mengedukasi, menghibur, atau lainnya.


4. MONETIZE

Bagaimana menghasilkan uang dari konten? Kita bisa menggunakan ads, membuat portofolio untuk mendapatkan klien, membuat training atau konsultasi, mendaftarkan ijin untuk video dan foto, mendapatkan deal dengan brand, mendapatkan gift dari LIVE atau konten, dan masih banyak cara lain untuk menghasilkan uang dari konten.

Bahkan sekarang sudah banyak yang bekerja full time sebagai content creator karena dapat me-monetize kontennya.

Yang lagi tren sekarang adalah dengan affiliate. Kita bisa memprosikan produk dan mendapatkan komisi dari penjualan kita. Live TikTok ada dimana-mana dan semua orang menjadi suka membeli secara impulsif. Temukan cara paling relevan dan berhasil untuk kita.


Ini adalah 4 pilar yang kita harus pegang ketika mau serius menjadi seorang pembuat konten. Mungkin ada kalanya kita keluar dari 4 pilar ini, tapi kita harus kembali lagi kepada keempat ini jika memang mau membangun bisnis sebagai pembuat konten.

Saran dari saya adalah mulai saja lebih dulu. Jangan terlalu banyak berpikir. Mulai dari yang ada dulu. Seiring waktu, teruslah kenali diri dan upgrade skill, maka kita akan bisa menjadi seorang pembuat konten yang lebih positif, kreatif dan produktif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s