Saya Belajar Ini Di Tahun 2022


Happy new year! Kita sudah memasuki tahun yang baru. Tentunya masa lalu memegang peranan penting untuk pertumbuhan kita. Banyak suka duka yang pasti kita lewati dan kita harus bisa mengambil pelajaran dari tahun 2022 kemarin.

Buat saya pribadi, ada beberapa pelajaran yang akan saya bagikan. Ini adalah Creator’s Mind pertama di tahun 2033. Selamat datang!


1. CINTAI DIRI SENDIRI & ORANG LAIN

Mungkin ada kesalahan yang pernah kita lakukan di tahun kemarin. Kita menyesalinya. Tapi menyalahkan diri sendiri tidak akan berguna. Berhenti lakukan itu dan terimalah diri kita. Berbaikanlah dengan diri sendiri.

Berikan diri kita waktu untuk dinikamti. Kita bisa memakan makanan kesukaan kita atau melakukan hal-hal yang membuat kita bahagia. Jatuh cintalah pada orang yang berada di depan kaca.

Buat batasan untuk hal-hal yang penting untuk kita. Saat kita membuat diri sendiri menjadi stress itu sama dengan sedang membuka banyak tab baru. Hidup kiat akan menjadi semakin rumit dan berantakan. Tidak apa untuk katakan tidak. Kita tidak harus menyenangkan semua orang. Punya waktu sendiri untuk me-refresh diri dan menjadi bahagia.

Setelah kita mencintai diri sendiri, cintailah orang lain. Banyak orang yang menderita dan sedang berjuang. 

Nyatanya kita tidak tahu betapa sakitnya seseorang. Kita bisa berdiri di sebelah orang tersebut dan bercanda dengannya tapi kita tidak pernah tahu apa yang sedang dialaminya. 

Oleh karena itu berbuat baiklah karena berbuat baik itu gratis.


2. BERADAPTASI

Di tahun 2022 kemarin, kita banyak beradaptasi dengan keadaan. Teknologi menjadi lebih cepat beradaptasi. Banyak cara bekerja dan bisnis yang berubah. Tapi kita semua masih bertahan sampai sekarang. Itu berarti kita masih mampu beradaptasi dengan keadaan yang ada.

Banyak orang mengganti haluan usaha mereka menjadi online dan menjadi sangat berhasil. Temukan cara yang paling efektif untuk kalian dan kerjakan itu. Tidak ada jika gagal karena itu berarti kita sedang dalam perjalanan menuju cara lain yang akan berhasil.

Tantang diri kita. Ini yang akan membuat kita bertahan dan semakin naik ke atas. Kuasailah apa yang bisa dikuasai, kembangkan itu. Beradaptasilah seiring perjalanan.

Start small. Hal kecil apa yang bisa kita kerjakan yang dapat membuat progress menuju goal kita. Hal-hal kecil ini akan menjadi kebiasaan yang menbentuk karakter sehingga kita siap untuk keberhasilan.


3. HARGAI APA YANG KITA MILIKI

Waktu berlalu begitu cepat dan beberapa dari kita mungkin mengalami kehilangan. Jangan sia-siakan waktu yang ada. Pikirkan apa yang paling kita syukuri dan hargailah itu. Jika hari ini adalah hari terakhir kita, apa yang paling kita syukuri? 

Jangan tunggu hidup yang lebih baik untuk bersyukur. Bersyukurlah maka kita akan memiliki hidup yang lebih baik.

Jika kita sudah menghargai apa yang kita miliki dan bersyukur, maka kita akan merasa berkelimpahan. Bagikan kelimpahan ini. Ketakutan akan menurunkan imun kita. Ketika kita fokus kepada orang, kepada kasih, kita mengalahkan ketakutan itu. Kontribusi bisa menjadi obat untuk ketakutan kita. Memberi adalah sesuatu yang kuat.


4. TIDAK APA MEMINTA BANTUAN

No man is an island.

Manusia adalah makhluk sosial. Kita butuh orang lain jadi jangan biarkan ego menguasai kita.

Tidak apa mengatakan jika kita sakit. Jangan disembunyikan. Penyakit yang disembunyikan bisa membuat masalah semakin besar ke depannya dan malah lebih menyusahkan orang lain.

Saya menemukan bahwa saya tidak bisa melakukan semuanya sendiri. Ada hal-hal yang tidak bisa saya kerjakan karena memang bukan keahlian dan dalam kapasitas saya. Itulah sebabnya setiap orang diciptakan berbeda, untuk saling melengkapi. Kita punya blind spot yang bisa dibantu oleh orang lain.


5. TERUS BELAJAR

Milikilah growth mindset. Kita diciptakan untuk bertumbuh. Otak kita terus berkembang. Beranilah untuk bermimpi. Jangan menyerah. Banyak inovasi-inovasi tercipta di sepanjang sejarah manusia karena cara berpikir kita terus bertumbuh. Walau ada tantangan tapi tetap hadapi. Kreativitas itu tanpa batas.

Sama dengan otot, pikiran kita juga harus dilatih untuk berkembang. Kita hanya punya 1 kehidupan untuk mencari tahu potensi diri kita. Hidup akan menjadi sangat membosankan jika kita hanya mengetahui hal-hal yang sudah kita ketahui.

Belajarlah hal-hal baru. Lakukan sekali lagi. Lakukan lagi untuk tahu apakah itu yang benar-benar kita senangi.

Ingat untuk tidak membandingkan diri kita dengan yang lain. Ini bukan tentang menjadi sempurna, tapi tentang progress. Sedikit demi sedikit, lama lama menjadi bukit. 

Miliki disiplin diri untuk mengerjakan hal-hal yang sulit tapi efektif. Melakukan hal yang mudah sama dengan menunda-nunda. Memang mengenakkan sama dengan fast food tapi tidak memberikan nutrisi yang baik.

Apa yang paling kita takutkan atau hindari? Justru itulah yang akan membuat kita bebas. 

Melakukan percakapan yang sulit, yang kita tunda-tunda, pada akhirnya akan melegakan kita.

Beri makan usaha kita. Bekerjalah dengan keras dan pintar. 


Jangan biarkan penyesalan datang suatu nanti. Suatu hari nanti kita akan menghembuskan nafas terakhir. Pendapat orang atau ketakutan kita tidak akan berarti. Yang berarti adalah bagaimana kita mengasihi, bagaimana kita mengajar, bagaimana kita hidup.

Biarkan tindakan kita lebih besar dari perkataan. Biarkan impian kita lebih besar dari ketakutan.

Jangan turunkan impian kita untuk mengikuti keadaan tapi upgrade cara berpikir, inovasi, dan metode kita untuk dapat menemukan takdir kita.


Buat kalian sendiri apa yang kalian pelajari di tahun 2020 ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s